logo-raywhite-offcanvas

01 Jul 2022

Berburu Barang Antik di Jalan Surabaya

Berburu Barang Antik di Jalan Surabaya

Ditengah kawasan Menteng yang sunyi, terdapat sebuah jalan yang berbeda dari jalan lainnya, yakni Jalan Surabaya, yang namanya mungkin sudah tidak asing lagi. Jalan Surabaya yang menjadi tempat penjualan barang antik memang sudah tenar sejak lama, bahkan tidak jarang terlihat warga negara asing yang sedang berbelanja barang antik di Jalan Surabaya.

Jika ditelusuri, banyak penjual barang antik di Jalan Surabaya yang memulai berdagang di sekitar Kota Tua, tepatnya dekat Lapangan Fatahillah, namun seiring bertambahnya kebutuhan tempat untuk berjualan, maka pada tahun 1974, para penjual barang antik dipindahkan ke tempatnya sekarang di Jalan Surabaya, berdasarkan perintah dari Gubernur DKI Jakarta pada saat itu, yakni Ali Sadikin.

 

Jalan Surabaya

 

Barang-barang yang akan anda temukan di Jalan Surabaya mencerminkan perjalanan sejarah Indonesia. Dari zaman kolonial Belanda, Anda akan menemukan banyak koin kuno, porselen Belanda, lampu gantung dan peralatan perak. Dari budaya modern, Anda dapat menemukan telepon putar, kamera dan vinyl. Dari budaya tradisional Indonesia, Anda akan menemukan wayang Jawa, batik, ukiran Bali dsb.

Anda juga akan menemukan beberapa toko khusus satu produk untuk barang-barang seperti kamera dan vinyl. Bahkan sejumlah kios di Jalan Surabaya juga menjual aksesoris yang tersisa dari sebuah kapal selam, seperti lubang intip hingga helm menyelam.

Memang untuk menemukan semua ini perlu kesabaran dan waktu untuk menyaring, Anda lebih baik untuk mengunjungi Jalan Surabaya di pagi hari sekali, sebelum Jalan Surabaya sudah ramai dengan turis pada saat jam siang. 

 

Toko antik jalan surabaya

 

Salah satu toko favorit di Jalan Surabaya adalah Toko Lian Records, sebuah toko vinyl yang wajib dikunjungi jika Anda adalah seorang penggemar vinyl, Bapak Lian Nasution yang merupakan pemilik toko ini telah mengumpulkan koleksi vinyl yang terbatas dan sangat layak untuk penggemar vinyl yang sangat pemilih. Kesabaran dan ketelitian Anda juga menjadi dua hal yang harus Anda miliki saat memilih vinyl di toko ini, karena koleksi yang ada tidak diatur dalam urutan tertentu dalam toko yang besarnya tidak lebih besar dari sebuah walk-in closet.

Jika Anda merupakan penggemar vinyl yang belum benar-benar memahami tentang dunia vinyl, jangan ragu untuk bertanya pada Pak Lian untuk rekomendasi koleksi terbaik beliau, dengan pengetahuan mengenai vinyl yang luas membuat Pak Lian sebagai salah satu orang terbaik yang akan membantu Anda menyaring tumpukan vinyl di tokonya. 

Dengan adanya Jalan Surabaya, membuktikan bahwa kawasan Menteng merupakan sebuah kawasan yang damai walaupun berada di jantung kota Jakarta. Dengan ragam keunikan dan sejarah yang panjang membuat Menteng sebagai kawasan yang sangat tepat bagi Anda untuk memiliki hunian, dan kami Ray White Menteng siap melayani anda dalam jual beli rumah di Menteng. Ingat hunian, ingat Ray White!

 

Sumber: theculturetrip.com, kompasiana.com

Share
Search