logo-raywhite-offcanvas

06 Sep 2022

Planetarium Jakarta: Observatorium Luar Angkasa Modern

Planetarium Jakarta: Observatorium Luar Angkasa Modern

Bagi Anda penggemar astronomi, pasti sudah tidak asing ketika nama Planetarium Jakarta. Planetarium dan Observatium Jakarta yang terletak di kawasan Taman Ismail Marzuki ini dibangun oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1964 ini dimulai atas gagasan dari Presiden Soekarno, dengan harapan agar bangsa Indonesia lebih mengenal berbagai macam benda langit dan peristiwa yang pada saat itu masih menjadi sebuah “mitos” bagi masyarakat Indonesia, dan pada akhirnya dibuka untuk umum pada tanggal 1 Maret 1969, dengan bantuan dana dari Pemerintah dan juga Gabungan Koperasi Batik Indonesia.

Walaupun dibuka untuk umum pada tanggal 1 Maret 1969, namun sebenarnya gedung beserta peralatan planetarium sudah selesai sejak 10 November 1968 dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta pada saat itu yakni Ali Sadikin, bersamaan dengan diresmikannya Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki dan pada tanggal 1 Maret 1969, pertunjukkan pertama dibuka untuk umum dengan menggunakan proyektor Universal buatan perusahaan Jerman yakni Carl Zeiss, pa tanggal itu juga ditentukan sebagai hari ulang tahun planetarium.

Planetarium Jakarta

Lompat ke tahun 2019, Planetarium dan Observatium Jakarta menjadi salah satu lokasi yang akan direvitalisasi, seluruh fasilitasnya akan dirombak total, termasuk ruang bioskop planetarium yang menjadi salah satu wahana favorit di gedung bersejarah ini. Planetarium dan Observatium Jakarta digadang-gadang menjadi tempat wisata yang penuh edukasi dan hiburan yang sangat modern bagi masyarakat Jakarta.

Walaupun sampai saat ini masih proses revitalisasi masih berjalan, tidak sedikit dari masyarakat Jakarta yang tidak sabar menunggu pembukaan kembali wahana wisata edukatif yang bersejarah ini. Terdapat berbagai wahana atraksi dan edukatif di Planetarium yang menjadi favorit warga Jakarta, seperti: Teater Bintang Planetarium Jakarta, Teleskop Observatium dan Ruang Pameran.

Planetarium jakarta

Dengan adanya Planetarium Jakarta, maka Menteng sekali lagi menjadi kawasan yang bukan hanya menyandang status elit, namun juga sebagai kawasan yang penuh dengan segala keunikan, pilihan dan keberagaman tersendiri. Kami Ray White Menteng siap menjadi gerbang Anda dalam mengakses segala hal tentang Menteng dengan jual beli rumah di Menteng. Ingat Hunian, Ingat Ray White!



Sumber: CNN Indonesia, Antara News, Tempo

Share