logo-raywhite-offcanvas

12 Oct 2021

TamanSuropati : Ruang Publik yang Menjadi Ikon Kawasan Menteng

TamanSuropati : Ruang Publik yang Menjadi Ikon Kawasan Menteng

Ruang terbuka/publik,kini menjadi salah satu alternatif masyarakat Jakarta, untuk menghabiskan waktu luang atau berakhir pekan. Pasalnya, ruang terbuka dinilai cukup aman dimasa pandemi COVID-19, untuk melakukan aktivitas.Selain itu, keberadaan ruang terbuka, sedikit banyak juga di rindukan masyarakat Jakarta, mengingat semakin padatnya ruang-ruang bangunan yang membuat sesak Ibukota.

Sebanyak 3.098 ruang publik, tercatat sudah menghiasi kota ramai ini, lho. Nah, dari banyaknya ruang publik tersebut, Taman Suropati yang berada dikawasan Menteng, Jakarta Pusat, menjadi salah satu destinasi favorit, nih, bagi orang-orang yang ingin menghabiskan waktunya bersama keluarga di ruang terbuka. Bahkan,Taman Suropati yang biasa disebut TamSur ini, sudah dianggap menjadi ciri khas dan identitas wilayah Menteng.

Luas wilayah yang cukup luas,membuat Taman Suropati cocok untuk refreshing/menghilangkan penat, dengan melakukan aktivitas piknik bersama kerabat,sembari menikmati bunga-bunga yang asri. Atau, Anda juga bisa melakukan aktivitas olahraga seperti jogging, senam, atau pun basket, di tempat yang berlokasi di Jl.TamanSuropatiRT.5/5.

Taman Suropati diambil dari nama pahlawan nasional yaitu Untung Suropati, taman yang sudah ada sejak lama ini kerap dijadikan menjadi salah satu destinasi untuk warga Jakarta melakukan aktivitasnya dalam melepas lelah ataupun bersantai menikmati keasrian pemandangan alam yang indah. Taman Suropati memiliki konsep Taman Tropis yang berletak ditengah kota, dengan dihiasi berbagai tanaman yang ada membuat tempat ini diminati oleh masyarakat. Untuk luasnya sendiri “Taman Suropati” memiliki luas 16.328m² dan tanaman yang berdiridi atas lahan seluas 1.173m² membuat taman ini cukup besar dan dapat dinikmati oleh banyak masyarakat.

Terdapat pula seni rupa lainnya yang menghiasi indahnya “TamanSuropati” dengan terpasangnya 6 buah patung yang dibuat oleh para pematung ASEAN. Taman ini karena cukup sering di datangi oleh masyarakat sehingga terdapat banyak aktivitas yang dimana mereka melakukan beberapa aktivitasnya di “TamanSuropati” ini. Diantaranya ialah memberikan makan burung merpati, wisata kuliner, berolahraga, melihat monumen ASEAN, foto-foto ataupun menikmati malam sambil menghirup udara segar.

 

Taman-Suropati-Olahraga-Jogging

 

Aktivitas yang ada membuat Taman Suropati menjadi titik kumpul pertemuan yang dipergunakan oleh beberapa kelompok, salah satunya ialah yang seringkali ditemui yaitu Komunitas Taman Suropati Chamber yang dimana mereka ini merupakan gabungan dari penghobi Gitar dan Biola yang telah berjumlah lebih dari 100 orang. Mereka sering kali berkumpul dan memainkan alat musiknya bersamaan sehingga dapat dinikmati sambil duduk-duduk ditaman.

 

Taman-Suropati-Air-Mancur

 

Tempat yang asri ini juga terdapat wifi gratis yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yang datang, selain itu taman yang biasa didominasi oleh pemuda ini bukan berarti tidak dapat dinikmati oleh anak-anak saja karena di taman ini bisa bebas bermain dan terdapat pos polisi yang membuatnya jauh lebih aman, bahkan terdapat penjaga-penjaga yang terdapat dirumah dinas yang siap membantu. Terlebih dari yangsudah dijelaskan “Taman Suropati” sendiri sebenarnya memiliki keindahannya sendiriyang dimana terdapat sekumpulan merpati yang memiliki kandang khusus tersendiri dibagian taman ini, terdapat juga ayam kate yang memiliki 3 sangkar, burung dara, 4 taman kecil berbentuk persegi dan 4 taman kecil berbentuk lingkaran yang berisikan aman bunga serta terdapat kolam air mancurnya.

Taman Suropati yang sudah ada sejak lama ini membuat tempat ini banyak diminati, sehingga jika ingin memiliki hunian disini merupakan keinginan banyak orang. Tempat yang sejuk dan asri berletak di pusat kota menjadi salah satu tempat strategis untuk dimiliki. Jika berminat untuk mencari hunian di daerah ini anda dapat menghubungi agen properti yang terpercaya dengan kualitas terbaik Ray White Menteng berlokasi di Jl.K.H.Wahid Hasyim No.43a dan untuk info lebih lanjut hubungi (021) 31909333, maka ingat hunian ingat Ray White Menteng.

 

Ray-White-Menteng-di-Taman-Suropati

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai Taman Suropati yang ada di daerahMenteng. Jika Anda berkunjung dengan menggunakan kendaraan bermotor, Anda bisa langsung parkir di pinggiran Taman Suropati. Namun jika Anda membawa kendaraan roda empat, wajib parkir di area Gedung Perumusan Naskah Proklamasi atau juga bisa di Masjid Agung Sunda Kelapa. Namun untuk sekarang Taman Suropati masih berstatus tutup sementara dikarenakan masih adanya situasi pandemi dan menunggu untuk dibukanya kembali sehingga dapat dinikmati bersama lagi.Jikalau sudah terbuka kembali tidak terlupa, untuk cicipi jajanan khas Taman Suropati,ya!

 

Source : Wikipedia, Kompas, JejakPiknik, Unsplash, WisataBagus, Jakarta.Tribunnews,MetroTempo.

Share