logo-raywhite-offcanvas

30 May 2022

Jiwa Baru Sarinah

Jiwa Baru Sarinah

Setelah melalui proses revitalisasi sejak tahun 2020 lalu, akhirnya Sarinah resmi dibuka kembali untuk publik pada hari Senin, tanggal 21 Maret 2022, Sarinah kembali hadir dengan merangkul sejarah yang kental dalam perwujudan lebih modern. Pembukaan Sarinah menjadi suatu hal yang sangat dinanti masyarakat, banyak pengguna sosial media yang mengatakan tidak sabar untuk mengunjungi mal legendaris dengan tampilan baru ini. Setelah proses revitalisasi, Sarinah diusung menjadi sebuah mall yang bertema community mall atau mal komunitas, diharapkan dapat menjadi tempat nongkrong anak muda maupun komunitas. Revitalisasi Sarinah ini dilakukan tanpa menghilangkan unsur cagar budaya dari Sarinah.

Dari luar, kita tetap dapat melihat gedung berbentuk klasik yang diresmikan pada tahun 1966 itu dengan aneka pepohonan yang memenuhi halaman bangunan cagar budaya yang berkonsep terbuka tanpa pagar. Terdapat beberapa hal yang berbeda dari Sarinah sebelum revitalisasi, salah satunya adalah keberadaan undakan lebar tepat di bagian depan bawah gedung yang kini tak lagi tampil tunggal sebagai tangga dan bagian bawah yang dulu tampil dengan warna-warni mencolok kini tampil dengan warna lebih lembut dan bermotif gabungan batik sidomukti dan tenun.

 

Gedung Sarinah

Banyak yang berubah dari Sarinah pasca-revitalisasi, dapat dilihat bahwa banyak spot foto yang ciamik di dalam gedungnya. Namun, bukan itu saja, dibuka juga banyak restoran, kedai kopi dan masih banyak outlet lainnya untuk food and beverage. Dibuka juga ruang budaya dalam area Sarinah, masyarakat yang datang dapat melihat display mengenai sejarah Sarinah dan juga perkembangan budaya dari era ke era. 

Setelah revitalisasi, Sarinah juga menjadi pusat produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti disebutkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada saat proses revitalisasi dimulai: “Kami juga berkomitmen menjadikan Sarinah sebagai rumah bagi produk-produk lokal. Saya tentunya akan mendorong agar produk-produk lokal jadi pemenang di negeri sendiri, amin.” ujar Erick Thohir kepada berita Kompas.

Kehadiran amphiteater dan Skydeck juga menarik perhatian masyarakat, dengan keberadaan fasilitas baru tersebut diharapkan akan menjadi tempat untuk menyelenggarakan berbagai macam pameran kreatif seperti pergelaran busana dan menjadi creative hub bagi para seniman tanah air.

Sarinah seperti mendapatkan jiwa baru, setelah revitalisasi yang memakan waktu cukup lama, proses tersebut sangatlah terbayarkan, masyarakat disuguhkan banyak hal yang baru, dan kembali menjadikan Sarinah sebagai pusat perdagangan dan promosi, serta duta bagi barang-barang lokal Indonesia di dunia internasional, membuat area Menteng dan sekitarnya lebih prestige dan strategis, Ray White Menteng siap membantu anda dalam jual-beli properti di Menteng dan sekitarnya, dengan pengalaman dan pelayanan terbaik kami siap membantu anda menemukan hunian di Menteng dan sekitarnya. Ingat hunian, ingat Ray White!



Sumber: Kompas.com, CNNIndonesia.com, JakartaGlobe.id

Share
Search