logo-raywhite-offcanvas

16 Jun 2022

Menteng: Kawasan Bergengsi di Jantung Kota Jakarta

Menteng: Kawasan Bergengsi di Jantung Kota  Jakarta

Ketika kita mendengar kata “Menteng” yang sudah pasti terlewat di pikiran kita adalah kawasan yang prestige, upper class dan mewah. Terletak di jantung kota Jakarta, Menteng yang merupakan salah satu kecamatan di Jakarta Pusat menjadi pilihan untuk bermukim bagi orang-orang yang namanya sudah tidak asing di telinga Anda.

Kawasan Menteng dirancang dan dibangun pada awal abad ke-20 oleh PAJ Moojen, seorang arsitek Belanda yang memiliki keterampilan melukis yang tinggal di Indonesia pada tahun 2904 hingga 1929. Ia membangun Menteng dengan konsep garden city bagi para kolonial Belanda dan pejabat di Batavia, yang pada saat itu masih menjadi Ibukota dari Hindia Belanda.  Konsep garden city  masih bisa Anda lihat hingga sekarang, dengan jalan-jalan yang penuh pepohonan, ruang hijau dan arsitektur khas Belanda yang elegan masih bisa anda jumpai di kawasan Menteng, menjadikan Menteng sebuah kawasan klasik nan modern.

Mungkin, sudah tidak terhitung berapa pejabat dan orang-orang terkenal yang memilih tinggal di Menteng, selain karena kawasan yang elit, Menteng juga menarik perhatian mereka dengan lokasi yang berada di jantung kota Jakarta dan kesempatan untuk investasi properti yang tidak mengecewakan. Bahkan, Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama, menghabiskan masa kecilnya di kawasan Menteng.

 

Menteng

 

Menteng adalah kawasan yang sangat unik, terletak di jantung kota Jakarta namun penduduk Menteng tidak terganggu dengan hiruk pikuk kehidupan kota ini, jalan-jalannya yang teduh menawarkan ketenangan dan rasa sejuk bagi penduduk Menteng dengan arsitektur kolonial yang indah dan taman-taman umum memberikan penduduk Menteng semacam akses tersendiri untuk merasakan Jakarta di masa kolonial Hindia Belanda, namun akses ke kota sangatlah mudah, hanya perlu waktu 15 menit untuk bisa sampai ke kawasan pusat bisnis Jakarta dari Menteng.

Multikultural dan multietnis juga terjalankan dengan baik di kawasan Menteng, seperti di Jalan Surabaya, di mana sepanjang jalan 450-meter tersebut banyak terdapat kios-kios yang berjualan artefak Bali, Jawa, Belanda, Muslim, Kristen dan Hindu, menyatukan sejarah bangsa Indonesia sebagai nusantara yang penuh dengan keberagaman.

Beberapa restoran terbaik di Jakarta juga bisa Anda temukan di Menteng, salah satunya adalah Tugu Kunstkring Paleis, sebuah restoran yang juga dirancang oleh PAJ Moojen ini mempunyai bentuk arsitektur yang sangat klasik, pada saat restoran ini dirancang di tahun 1913 sebenarnya ditujukan untuk menjadi venue mempromosikan karya-karya seni, sekarang menjadi sebuah restoran yang menyajikan kuliner Indonesia dan Asia Tenggara yang authentic.

Menteng merupakan kawasan yang unik, maka tidak heran banyak orang ternama yang memilih untuk menyebut Menteng sebagai rumah mereka, dengan sejarah yang luar biasa, arsitektur klasik dan keberagaman yang indah membuat Menteng sebagai kawasan yang tepat bagi Anda untuk bermukim, dan kami Ray White Menteng adalah teman terbaik Anda dalam jual-beli rumah di Menteng. Tunggu apalagi? Ingat hunian, ingat Ray White!

 

Sumber: Kompas.com, thejakartapost.com,

Share
Search