logo-raywhite-offcanvas

19 Oct 2022

Menjual Rumah, Harus Mulai dari Mana?

Menjual Rumah, Harus Mulai dari Mana?

Mungkin banyak dari Anda yang ingin menjual rumah namun berpikir “Saya harus memulai prosesnya dari mana?” Jika demikian, Anda tidaklah sendiri. Seringkali penjual yang sudah tinggal lama di rumah mereka yang ingin dijual akan menghabiskan waktu kurang lebih 6 bulan sebelum pada akhirnya apa saja yang harus dilakukan untuk menjual rumah mereka.

Dengan ragamnya alasan untuk menjual rumah, yang paling penting adalah mempersiapkan diri dalam menghadapi proses penjualan rumah, terutama bagi Anda yang baru pertama kali akan menjual rumah, bisa jadi proses yang akan dihadapi menjadi sebuah proses yang emosional, menguras tenaga, waktu, dan juga finansial.

Rumah

Kami telah merangkum 4 saran yang akan berguna bagi Anda untuk menjual rumah:

  1. Ketahui Motivasi Anda untuk Menjual

Jika Anda menjual rumah, sudah pasti anda memiliki alasan tertentu mengapa rumah tersebut dijual, temukanlah alasan tersebut. Motivasi yang kuat juga akan menjadi pegangan yang kuat saat Anda sudah “terjun” ke dalam proses penjualan.

Jangan sampai lupa, catat juga hal-hal penting lain seperti berapa harga jual minimum yang akan Anda terima, terkadang penjual terlupa akan hal tersebut dan akan “panik” ketika rumah ditawar dengan harga yang tidak sesuai ekspektasi.

       1. Mencari Tahu Kapan Waktu Terbaik untuk Menjual Runah

Dalam hal ini, Anda dapat mengidentifikasi kapan waktu terbaik untuk menjual dengan memahami bagaimana kondisi dan situasi pasar real estate di Indonesia, terlebih area rumah Anda yang akan dijual. Dengan mengidentifikasi pasar, Anda akan mendapatkan waktu lebih untuk mempertimbangkan apakah waktu yang diinginkan sudah sesuai dengan kondisi pasar yang diinginkan.

       2. Menjual Rumah dengan Agen Real Estate

Dengan profesionalitas agen yang sudah terjamin, Anda dapat merasakan proses penjualan dengan bantuan yang sangat baik, tentu agen real estate dapat memberikan Anda service yang terbaik dalam hal penawaran, saran, database, negosiasi dengan pembeli dan juga sudah terjamin hukum.

      3. Penuhi Kewajiban dalam Kesepakatan Penjualan

Ketika saatnya sudah datang untuk menutup kesepakatan penjualan rumah, sebagai penjual Anda bertanggung jawab atas beberapa dokumen mengenai rumah dan proses hukum yang ada.

Anda harus membaca dengan sangat cermat tentang apa saja yang menjadi kewajiban hukum sebagai penjual, dan Anda juga akan menandatangani segala dokumen hukum yang terkait dengan penjualan, jika proses sudah terjalankan, maka sudah menjadi kewajiban Anda juga untuk menyerahkan kunci rumah kepada pembeli setelah Anda mengosongkan tempat, atau tergantung pada ketentuan perjanjian Anda dengan pembeli.

Rumah

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk menjual rumah? Anda siap untuk membicarakan tujuan Anda selanjutnya? Kami Ray White Menteng sangat siap untuk membantu seluruh proses dalam penjualan rumah Anda! Ingat Hunian, Ingat Ray White!

Share
Search
Tag