logo-raywhite-offcanvas

11 Aug 2022

Properti Primary dan Properti Secondary: Yang Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Properti Primary dan Properti Secondary: Yang Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Anda mungkin pernah beberapa kali mendengar tentang istilah properti primary dan properti secondary di dunia Real Estate, namun tidak banyak juga dari Anda yang tahu secara pasti apa arti dari kedua istilah tersebut. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu properti primary dan properti secondary dan jenis mana yang harus Anda pilih dalam membeli properti yang tepat bagi Anda, terutama Anda yang akan membeli aset properti untuk menjadi sebuah tempat tinggal, usaha, dan juga investasi Anda.

Secara garis besar, ada dua jenis properti yang biasa dipasarkan dalam dunia Real Estate, yakni properti primary (primer) dan properti secondary (sekunder) walauoun tidak adanya perbedaan dari objek jual kedua jenis tersebut, namun terdapat perbedaan dalam banyak hal lainnya.

Mari kita mulai dengan properti primer, yakni segala jenis properti yang dibangun dan dipasarkan oleh pengembang atau sebuah lembaga berbadan hukum PT, properti primer mengacu kepada properti yang belum pernah ditempati dan/atau dimiliki sebelumnya, segala proses pembelian pun harus lewat pengembang sebagai perusahaan yang membangun, memasarkan dan menjual properti yang baru dibangun tersebut.

Properti primer memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, yakni sebagai berikut:

KELEBIHAN PROPERTI PRIMER:

  1. Bangunan Baru

Penampakan dari properti yang baru dibangun akan terlihat lebih modern dan dengan desain yang lebih baru, maka properti akan tampak lebih menarik.

      2. Banyak Pilihan untuk Pembeli

Seringkali properti primer dibangun di atas lahan yang masih sangat baru dikembangkan, maka pembeli akan mendapatkan banyak pilihan untuk membeli di properti seperti apa.

      3. Lebih Terjamin

Jika Anda membeli properti primer maka Anda sebagai pembeli akan lebih terjamin dengan fakta bahwa Anda membeli properti tersebut dari perusahaan pengembang yang telah berbadan hukum PT. Maka, jika ada ketidaksesuaian dari apa yang dijanjikan, Anda dapat menuntut perusahaan pengembang tersebut.

KEKURANGAN PROPERTI PRIMER

  1. Desain Rumah yang “Seragam”

Dalam pembangunan yang dilakukan oleh pengembang, mereka akan membangun properti dengan desain yang sama, hal ini ditujukan agar semua pembeli mendapatkan hak yang sama.

     2. Pembeli Harus Menunggu Properti Selesai Dibangun

Tidak semua perusahaan pengembang akan membangun properti yang banyak pada saat yang bersamaan, maka seringkali properti baru akan dibangun ketika ada calon pembeli yang hendak membeli.


Sekarang, kita akan membahas mengenai properti sekunder, dalam hal ini properti sekunder mencakup segala jenis properti yang sudah pernah dimiliki atau pernah ditempati sebelumnya, menandakan bahwa jenis properti ini merupakan barang “bekas” atau second. Properti pun dipasarkan dan dijual oleh lembaga atau perorangan yang tidak berbentuk PT.

Sama seperti properti primer, properti sekunder juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, yakni sebagai berikut:

KELEBIHAN PROPERTI SEKUNDER:

  1. Harga di Bawah Properti Primer

Beberapa faktor dapat menyebabkan hal ini, salah satunya adalah karena properti yang dipasarkan dan dijual bukan merupakan dari perusahaan berbadan hukum PT dan merupakan properti bekas, maka mereka akan mematok harga di bawah harga yang dijual oleh perusahaan pengembang agar properti mereka lebih diminati.

     2. Tidak Perlu Menunggu Lama

Karena bangunan properti sudah jadi dan sudah pernah ditempati, maka seringkali pembeli properti sekunder tinggal pindah membawa barang-barang ke properti sekunder yang sudah dibeli.

KEKURANGAN PROPERTI SEKUNDER:

  1. Harus Dilakukan Renovasi

Tidak jarang properti sekunder adalah sebuah properti yang terdapat kerusakan di beberapa bagian, maka Anda harus menyiapkan dana lebih untuk memperbaiki sejumlah kerusakan tersebut.

     2. Harus Lebih Hati-Hati

Karena properti sekunder dipasarkan dan dijual bukan dari perusahaan berbadan hukum PT, maka Anda harus melihat terlebih dahulu rekam jejak penjual properti tersebut, seperti memeriksa properti mana saja yang sudah dijual dan testimoni pembeli yang telah membeli properti sebelumnya. Anda juga harus memeriksa kelengkapan dari dokumen dan surat-surat yang berkaitan dengan legalitas properti tersebut, tidak jarang surat-surat yang terdapat dari properti primer tidak lengkap.

Kami Ray White Menteng siap melayani Anda dalam segala keperluan jual beli properti di Menteng, dengan pengalaman dan jam terbang yang tinggi menjadikan kami pilihan terbaik Anda dalam menentukan properti yang paling pas untuk Anda.



Sumber: rumah.com, pinhome.id, kompasiana.com

Share
Search
Tag