logo-raywhite-offcanvas

21 Jul 2022

Taman Suropati: Taman Asri di tengah Keramaian Kota

Taman Suropati: Taman Asri di tengah Keramaian Kota

Dari banyaknya taman yang ada di kota Jakarta, Taman Suropati menjadi salah satu taman dengan nama yang paling iconic dan paling sering diingat orang-orang. Taman yang seringkali disebut dengan julukan “TamSur” ini menjadi salah satu pilihan utama warga Jakarta khususnya sekitaran Menteng untuk menghabiskan waktu di sore hari di ruang terbuka. Nama Taman Suropati sendiri diambil dari nama pahlawan nasional Indonesia yang bernama Untung Suropati, seorang pahlawan dan pejuang Indonesia yang memimpin pemberontakan melawan kolonialisme VOC. 

 

Taman suropati

Menurut laman Museum Nusantara, Taman Suropati merupakan “Taman Persahabatan Seniman ASEAN” hal ini dikarenakan adanya patung-patung karya seniman dari enam negara di Asia Tenggara yakni Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina dan masing-masing memiliki moto tersendiri. Patung hasil sumbangan seniman Thailand diberi moto “Persaudaraan”, Indonesia dengan “Perdamaian”, Singapura dengan “Semangat ASEAN”, Malaysia dengan “Perdamaian, Harmonis dan Bersatu”, Filipina dengan “Kelahiran Kembali” dan terakhir Brunei Darussalam dengan “Keharmonisan”

 

Taman Suropati

Area terbuka yang luas di Taman Suropati membuat Anda para pengunjung, terutama anak-anak bisa bermain dengan bebas di taman ini. Para pengunjung juga dapat melakukan aktivitas jogging, bermain bulu tangkis, menikmati jajanan dari pedagang kaki lima atau bahkan hanya sekedar besantai. Taman ini juga dikelilingi oleh penjual jajanan seperti mie ayam, rujak buah-buahan, batagor dan masih banyak jajanan lainnya

Banyak juga komunitas yang menjadikan Taman Suropati sebagai tempat untuk berkumpul dan saling berbagi tentang komunitas mereka. Beberapa komunitas yang sering tampak seperti komunitas pesepeda, komunitas hewan dan bahkan komunitas musik, seperti komunitas belajar musik “Taman Suropati Chamber” yang ruting berkumpul tiap hari Minggu di taman ini.

 

Taman Suropati

Untuk mengakses Taman Suropati, Anda dapat membawa kendaraan pribadi Anda, terdapat sebuah tempat parker khusus yang tersedia bagi pengunjung dengan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Harga tiket parker yang terjangkau ditambah dengan lahan parkir yang luas juga memberikan kemudahan bagi setiap pengunjung yang berencana menghabiskan banyak waktu di taman ini.

Jika Anda menggunakan transportasi umum, Taman Suropati juga dapat diakses dengan mudah, terdapat beberapa pemberhentian busway dan stasiun KRL di sekitaran Taman Suropati. Dengan adanya Taman Suropati, hal ini membuktikan bahwa walaupun Menteng berada di jantung kota Jakarta, bukan berarti isinya hanya selalu gedung tinggi, namun masih banyak taman dan/atau ruang publik terbuka yang asri dan hijau, menjadikan Menteng sebagai kawasan yang mempunyai keunikan tersendiri yang tiada di kawasan lainnya, dan kami Ray White Menteng siap membantu Anda mengakses keunikan tersebut dengan jual beli rumah di Menteng. Ingat Hunian, Ingat Ray White!

 

Sumber: museumnusantara.com, jejakpiknik.com

Share
Search