logo-raywhite-offcanvas

19 Apr 2024

Tips Meninggalkan Tanaman Saat Mudik, Tetap Segar Walau Ditinggal Berhari-Hari

Tips Meninggalkan Tanaman Saat Mudik, Tetap Segar Walau Ditinggal Berhari-Hari

Mudik adalah istilah dalam bahasa Indonesia yang merujuk pada kegiatan perjalanan pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya, terutama Hari Raya Idul Fitri dalam konteks budaya Indonesia. Meskipun tradisi mudik memiliki makna yang sangat penting secara budaya dan sosial, perjalanan mudik tak lepas dari rasa was-was yang menghantui. Pasalnya kita harus meninggalkan rumah dan seisinya, termasuk tanaman yang harus memerlukan perawatan intens. Orang-orang mungkin khawatir tanaman mereka tidak akan mendapatkan perawatan yang cukup saat mereka pergi, seperti penyiraman yang teratur atau pemupukan. Meninggalkan tanaman tanpa perawatan yang memadai dapat menyebabkan layu atau mati.

Tanaman yang ditinggalkan dalam jangka waktu yang lama tanpa pengawasan dapat rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Orang-orang khawatir bahwa tanaman mereka akan terinfeksi atau diserang hama saat mereka pergi, dan tidak ada yang dapat memperhatikan dan mengatasi masalah tersebut.

Bagaimana caranya agar tanaman tetap segar dan sehat meskipun ditinggal berhari-hari? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu.

  1. Kenali Kebutuhan Tanaman Anda

Pastikan Anda memahami kebutuhan dasar tanaman Anda, seperti seberapa sering tanaman perlu disiram, seberapa banyak cahaya matahari yang dibutuhkan, dan apakah tanaman memerlukan pemupukan tambahan. Hal ini akan membantu Anda menyiapkan perawatan yang sesuai sebelum meninggalkan rumah.

  1. Cek Kondisi Tanaman

Sebelum pergi mudik, disarankan untuk memangkas dedaunan yang sudah mati, mulai layu, atau sudah tidak menarik secara estetis. Daun yang mulai layu cenderung menyerap air lebih banyak, sehingga tanaman dapat cepat mengering ketika ditinggalkan dan menyebabkan seluruh tanaman menjadi layu. Kondisi daun yang kurang baik juga dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, atau hama. Mikroorganisme ini dapat dengan mudah menyebar ke daun lainnya, menyebabkan bagian tanaman yang sehat ikut layu atau mati.

  1. Siram Tanaman

Tidak memungkinkan untuk menyiram tanaman selama perjalanan, sebaiknya singkirkan kuncup atau bunga. Kedua bagian ini memerlukan penyiraman yang lebih sering untuk menjaga kondisinya. Tips lain untuk meninggalkan tanaman saat mudik adalah menyiramnya secara rutin beberapa hari sebelum berangkat. Lakukan hal ini jika Anda akan meninggalkan tanaman selama 1-2 minggu. Lakukan penyiraman pada siang hari untuk menghindari pertumbuhan jamur. Pastikan untuk menyiram hingga air keluar dari lubang pot. Biarkan kelebihan air mengalir setelah penyiraman untuk mencegah serangan hama atau pembusukan akar. Selain itu, pastikan untuk mengeringkan daun-daun dari cipratan air agar tidak menyebabkan daun membusuk atau layu.

  1. Buat Lingkungan yang Optimal

Sebelum pergi, pastikan tanaman Anda berada dalam lingkungan yang optimal. Letakkan tanaman di tempat yang mendapat cukup cahaya matahari atau justru tidak boleh terkena paparan sinar matahari langsung. Pastikan suhu ruangan cukup stabil, dan atur kelembaban udara sesuai kebutuhan tanaman.

  1. Tempatkan di Kamar Mandi

Jika tanaman hias di rumah Anda memerlukan habitat yang lembab, sebaiknya pindahkan tanaman tersebut ke dalam kamar mandi. Tanaman hias seperti pakis, spider plant, atau monstera akan menyukai udara di kamar mandi dan akan tetap tumbuh meski tidak dirawat secara intens. Lebih ideal jika kamar mandi tersebut memiliki jendela untuk mendapatkan cahaya matahari alami. Untuk lebih optimal susun semua tanaman secara berdekatan agar mudah bagi mereka untuk mempertahankan kelembapannya.

  1. Pindahkan ke Area yang Teduh

Tanaman yang terpapar langsung sinar matahari akan mengering lebih cepat dibandingkan dengan yang berada di tempat yang teduh. Oleh karena itu, disarankan untuk memindahkan tanaman hias yang terletak di luar ruangan atau dekat jendela yang terkena sinar matahari langsung hampir setiap hari ke tempat yang lebih teduh. Tanaman tidak perlu dipindahkan ke sudut yang gelap, cukup menggesernya beberapa meter dari jendela atau tempat sebelumnya sehingga tidak lagi terpapar langsung sinar matahari.

  1. Gunakan Sistem Penyiraman Otomatis

Meski memerlukan biaya yang cukup mahal, penggunaan sistem penyiraman otomatis atau timer dapat menjadi solusi praktis untuk menyirami tanaman secara teratur saat Anda sedang tidak ada di rumah. Anda dapat menyiram otomatis yang tersedia di pasaran untuk menyirami tanaman sesuai dengan jadwal yang Anda tetapkan sebelumnya.

  1. Minta Bantuan Orang Lain

Jika memungkinkan, mintalah bantuan tetangga atau teman untuk menyirami tanaman Anda secara berkala selama Anda pergi. Berikan petunjuk yang jelas mengenai cara merawat tanaman dan berikan akses ke rumah Anda untuk memudahkan mereka dalam memberikan perawatan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meninggalkan tanaman di rumah dengan lebih percaya diri saat melakukan perjalanan mudik. Dengan perawatan yang tepat sebelum pergi dan pengaturan yang praktis untuk merawat tanaman, Anda dapat memastikan tanaman tetap segar dan sehat meskipun ditinggalkan berhari-hari. Selamat mudik dan semoga tanaman Anda tetap indah ketika Anda kembali!


Temukan informasi menarik lainnya seputar hunian dan properti hanya di Ray White Menteng. Ray White Menteng sebagai salah satu kantor cabang agen properti yang beroperasi di kawasan Menteng menawarkan layanan pemasaran, penilaian properti, konsultasi investasi properti, serta bantuan dalam proses jual-beli atau sewa properti. Hubungi Ray White Menteng di (62-21) 31909333 atau menteng@raywhite.co.id. 

“Ray White Menteng, Your Best Property Agency Since 1998"


Share