logo-raywhite-offcanvas

15 Mar 2024

Anti Rugi, Ikuti Langkah Berikut Untuk Menentukan Harga Jual Rumah yang Tepat

Anti Rugi, Ikuti Langkah Berikut Untuk Menentukan Harga Jual Rumah yang Tepat

Bagi Anda yang berniat untuk menjual rumah, mungkin masih bertanya-tanya bagaimana cara menentukan harga jual yang benar dan tidak menimbulkan kerugian? Banyak orang yang merasa khawatir jika mematok harga jual dengan nilai tinggi, rumah tersebut malah tidak laku terjual.

Menentukan harga jual rumah merupakan langkah krusial dalam proses penjualan properti. Harga yang tepat tidak hanya memaksimalkan nilai investasi Anda, tetapi juga memikat calon pembeli. Harga jual sebenarnya sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi bangunan, lokasi, dan fasilitasnya. Yuk, cari tahu langkah menentukan harga jual rumah yang tepat bersama Ray White Menteng!


  • Hitung NJOP Rumah

Jika Anda berniat menjual rumah hal utama yang harus diperhatikan adalah memperhatikan NJOP (Nilai Jual Objek Properti). Apa itu NJOP? Bagi Anda yang masih asing dengan istilah ini, NJOP merupakan nilai jual yang digunakan oleh pemerintah daerah sebagai dasar perhitungan pajak properti. Anda bisa mengetahui NJOP tanah dan bangunan yang dimiliki melalui struk pembayaran PBB atau melalui kantor kecamatan maupun perbankan.

Nilai ini mencerminkan perkiraan nilai pasar dari suatu objek pajak, seperti tanah dan bangunan. Mengutip dari laman Kompas.com, Anda dapat memperkirakan harga rumah berdasarkan NJOP dengan perhitungan berikut:

(Luas Bangunan x NJOP per meter bangunan) + (Luas tanah x NJOP per meter tanah)

Misalkan Anda memiliki tanah dengan luas 60m²  dan tanah bangunan dengan luas 50 m² , masing-masing memiliki NJOP sebesar Rp5.000.000/m²  dan Rp4.000.000/m², maka perhitungan akan seperti ini:

  • Luas tanah = 60m²

  • Luas bangunan = 50m²

  • NJOP/meter tanah = Rp5.000.000/m2

  • NJOP/meter bangunan = Rp4.000.000/m2

  • Harga jual (NJOP) = (60 x Rp5.000.000) + (50 x Rp4.000.000)

  • Harga jual (NJOP) = Rp300.000.000 + Rp200.000.000 

  • Harga jual (NJOP) = Rp500.000.000

Berarti, minimal harga jual rumah Anda adalah sebesar Rp500 juta. Harga jual bisa naik dengan memperhatikan segala aspek seperti lokasi yang strategis, fasilitas pendukung, dan akses yang dimiliki. Semakin mudah dijangkau oleh kendaraan pribadi maupun transportasi umum, Anda bisa mematok harga jual rumah yang tinggi. 


  • Pertimbangkan Lokasi Rumah Anda

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lokasi rumah yang strategis memiliki harga jual yang tinggi. Pasalnya ini akan memudahkan penghuninya untuk kegiatan mobilisasi dari satu tempat ke tempat lain tanpa memakan banyak waktu dan biaya. Jika Anda berniat menjual rumah yang lokasinya dekat dengan fasilitas layanan publik seperti rumah sakit, stasiun, jalan raya, sekolah atau kampus, pusat bisnis, dan pusat perbelanjaan, maka Anda harus menentukkan harga jual lebih tinggi berdasarkan nilai NJOP. Berdasarkan perhitungan, Anda bisa menaikkan harga jual rumah sekitar 5-10% lebih tinggi dari NJOP yaitu Rp525 juta sampai Rp550 juta. 


  • Pertimbangkan Kelayakan Rumah Anda

Jika rumah yang Anda jual dalam kondisi benar-benar baru, Anda bisa menjualnya dengan harga berdasarkan NJOP atau lebih tinggi. Akan tetapi, jika rumah tersebut sudah dihuni sebelumnya maka harus memperhatikan kelayakan dan kualitas bangunannya. Jika ternyata kelayakan rumah Anda hanya sekitar 70%, maka harga jual rumah bisa dikalikan NJOP.

Harga jual = persentase kelayakan x NJOP

Harga jual = 70% x Rp360.000.000

Harga jual rumah= Rp252.000.000


  • Tambah Biaya Renovasi (Jika Ada)

Bila Anda melakukan renovasi rumah sebelum menjualnya, maka biaya yang dibutuhkan dapat dimasukkan ke dalam harga jual rumah nantinya. Misalnya Anda melakukan perbaikan pipa bocor dengan biaya Rp10 juta.

Harga jual rumah yang dapat Anda tentukan adalah NJOP + biaya renovasi.

Harga jual = Rp500.000.000 + Rp10.000.000 = Rp5100.000.000

Renovasi akan membuat rumah jadi siap huni dan calon pembeli tidak perlu melakukan perbaikan atau mengeluarkan biaya tambahan. Dengan ini, Anda bisa memasang harga jual rumah lebih tinggi. 


  • Bandingkan Harga Rumah di Kawasan Anda

Anda juga perlu memperhatikan harga jual rumah lainnya yang masih berada di sekitar kawasan Anda. Lakukan survei dengan mencari rumah yang memiliki kondisi dan fasilitas yang mirip dengan milik Anda, seperti lokasi, jumlah kamar tidur dan kamar mandi, tahun pembangunan dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk memperkirakan harga pasar terkini sehingga  harga jual agar tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi. 


  • Menghubungi Agen Properti Terpercaya

Jika Anda masih ragu dalam menentukan harga jual rumah, konsultasikan dengan agen properti terpercaya dan berpengalaman. Dengan wawasan yang luas, agen properti akan membantu Anda memberikan saran profesional terkait penentuan harga jual yang tepat. Raywhite Menteng yang merupakan bagian dari Ray White (Indonesia) memiliki pengalaman selama lebih dari 10 tahun membantu permasalahan properti di Indonesia.

Anda juga bisa memanfaatkan situs jual beli rumah untuk mengetahui kisaran harga terkini dalam
website resmi Ray White Menteng di https://menteng.raywhite.co.id/. Anda dapat menggunakan fitur pencarian yang dapat difilter sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain dapat memperkirakan harga jual rumah, Anda juga akan menemukan banyak pilihan properti lain seperti, ruko, sewa kantor, dan tanah. Anda bisa terhubung langsung dengan agen properti terkait untuk mencari informasi lebih lanjut terkait properti yang diinginkan.


Menentukan harga jual rumah dengan benar memerlukan riset harga pasar terkini dan pemahaman mendalam tentang kondisi dan fasilitas rumah yang akan dijual. Tips di atas dapat mempermudah Anda untuk menentukan harga jual rumah.


Ray White Menteng sebagai salah satu kantor cabang agen properti yang beroperasi di kawasan Menteng menawarkan layanan pemasaran, penilaian properti, konsultasi investasi properti, serta bantuan dalam proses jual-beli atau sewa properti. Hubungi Ray White Menteng di (62-21) 31909333 atau menteng@raywhite.co.id. 


“Ray White Menteng, Your Best Property Agency Since 1998"

Share
Search
Tag