logo-raywhite-offcanvas

22 Apr 2024

Serupa Namun Tak Sama, Apa Perbedaan dari Humidifier, Diffuser, dan Purifier?

Serupa Namun Tak Sama, Apa Perbedaan dari Humidifier, Diffuser, dan Purifier?

Ketiga alat tersebut merupakan alat yang cukup populer dan sekarang-sekarang ini sering digunakan di banyak rumah. Namun, kadang banyak orang yang masih keliru dan terkecoh dengan ketiga alat ini, karena kurangnya informasi mengenai perbedaan dan manfaat masing-masing dari alat tersebut yang mengakibatkan alat tersebut menjadi tidak sesuai dengan kebutuhan. Ketiga alat ini memiliki peranan penting untuk menjaga kelembaban udara di dalam ruangan yang tertutup, tapi memiliki perbedaan dari segi durasi pemakaian, fungsi, dan sebagainya. Maka dari itu, mari kita sama-sama pelajari perbedaan dari ketiga alat ini supaya tidak lagi salah pilih.


  1. Keguanaan

Humidifier memiliki fungsi khusus untuk menambah sekaligus menjaga kelembaban udara dan menghindari alergi pada ruangan tanpa mengeluarkan wewangian yang cocok digunakan untuk penderita asma dan alergi. Sedangkan, diffuser merupakan alat untuk membersihkan udara dan biasanya untuk pemakaian alat ini perlu mencampurkan essential oil untuk memberikan sensasi harum dan menyejukkan ruangan yang akan membuat pernapasan lebih rileks. Sementara itu, purifier memiliki kegunaan untuk membersihkan udara ruangan dari bakteri, virus, debu, polusi, dan kotoran lainnya. Fungsi utama alat ini adalah untuk kesehatan dan menjernihkan udara disekitarnya.

  1. Cara kerja

Humidifier memiliki cara kerja dengan mengubah air menjadi uap, kemudian menyemprotkan ke seluruh ruangan. Sementara itu, diffuser memiliki cara kerja yang hampir mirip seperti humidifier, namun perbedaanya adalah uap yang dikeluarkan adalah campuran air dengan essentials oil hingga membuat uap yang dikeluarkan menjadi harum dan menyegarkan seluruh ruangan. Cara kerja purifier adalah dengan menyedot atau menyerap udara kotor di dalam ruangan, kemudian akan disaring oleh beberapa lapis filter di alat tersebut dan nantinya akan menyemprotkan kembali udara yang sudah disaring dalam keadaan yang jauh lebih bersih. 

  1. Durasi 

Ketiga alat ini memiliki durasi yang berbeda-beda pada setiap pemakaiannya dan tergantung kebutuhan. Untuk humidifier, durasi penggunaan tergantung temperatur dan ketersediaan cairan di dalam alat. Serupa dengan humidifier, alat diffuser juga membutuhkan dan tergantung ketersediaan cairan di dalam alat namun terjadi dalam waktu yang lebih singkat. Berbeda dengan yang lainnya,  purifier, memiliki durasi pakai yang lama sekitar 1-2 jam untuk mampu membersihkan udara dan tidak membutuhkan cairan apapun.  

  1. Tempat penempatan

Penempatan alat juga harus disesuaikan dengan fungsinya. Untuk humidifier cocok untuk ditempatkan pada ruangan ber-AC yang kering dan kurang lembab. Diffuser cocok untuk ruangan yang berukuran kecil atau di kamar tidur, supaya aroma wangi yang dikeluarkan oleh essential oil dari diffuser tetap terasa dan menyebar merata. Sedangkan untuk purifier cocok untuk ditempatkan di lingkungan dengan kualitas udara buruk untuk menyedot udara yang buruk. 

  1. Kebutuhan air

Kebutuhan air pada alat ini berbeda-beda tergantung kapasitas yang tersedia. Namun pada umumnya, untuk humidifier membutuhkan air dengan jumlah yang paling banyak yaitu sekitar 3 liter, karena alat ini memang mengeluarkan uap yang berasal dari air ke udara. Sementara, diffuser hanya membutuhkan air sekitar 300-500 mililiter air saja dalam sekali pemakaian. Berbeda dengan yang lainnya, hanya  purifier yang tidak membutuhkan air dan bisa langsung digunakan.

Nah, berikut adalah perbedaan dan penjelasan tentang alat humidifier, diffuser, dan purifier yang memiliki manfaat dan kegunaan yang berbeda-beda, tergantung sesuai kebutuhan dan kondisi ruangan. Ketiga alat ini juga sangat cocok dan direkomendasikan untuk membuat rumah kalian semakin nyaman ditempati. Untuk informasi hunian yang nyaman dan terpercaya, kalian bisa mengunjungi website Ray White Menteng di https://menteng.raywhite.co.id/ atau bisa hubungi Ray White Menteng di (62-21) 31909333 atau menteng@raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!


“Ray White Menteng, Your Best Property Agency Since 1998"


Share