logo-raywhite-offcanvas

05 Sep 2024

Kiat-kiat Merawat Kolam Renang Pribadi, Jangan Sampai Tidak Dibersihkan

Kiat-kiat Merawat Kolam Renang Pribadi, Jangan Sampai Tidak Dibersihkan

Kolam renang pribadi merupakan fasilitas mewah yang banyak diidamkan dan memberikan kesan prestise dalam sebuah hunian. Perawatan kolam renang menjadi hal penting yang harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kondisi air tetap jernih dan bersih, apalagi jika itu adalah kolam renang pribadi.


Jika kolam renang tidak dibersihkan secara rutin, hal ini dapat berdampak buruk, seperti menjadi sarang penyakit, nyamuk, dan bahaya lainnya, khususnya bagi penghuni rumah.

Selain menimbulkan penyakit, kolam renang yang tidak terawat juga dapat mengganggu estetika dan pemandangan rumah, misalnya daun-daun yang masuk ke dalam kolam. Bahkan, hal ini dapat memberikan kesan seolah-olah kolam renang tersebut tidak dirawat dengan baik.


Oleh sebab itu, berikut adalah cara membersihkan kolam renang pribadi agar tetap terawat dengan baik dan tidak terbengkalai, yang dihimpun dari berbagai sumber.

  • Perhatikan dan Ganti Air Kolam Secara Rutin

Hal paling penting bagi kolam renang adalah kualitas airnya. Sebagai pemilik, Anda harus memperhatikan air dengan baik. Jika air sudah terlihat kotor, maka perlu dilakukan pergantian air.

Namun, Anda juga dapat melakukan pergantian air secara rutin. Apalagi jika kolam renang berada di area outdoor, Anda harus ekstra memperhatikannya.

  • Seimbangkan Campuran Kimia Pada Air

Selain mengganti air secara rutin, Anda dapat menggunakan campuran kimia untuk menjaga kualitas air kolam renang. Ini dilakukan agar air tetap jernih dan tidak berbau.

Campuran kimia yang Anda gunakan harus seimbang dengan volume air di kolam renang. Anda tidak boleh menambahkan bahan kimia seperti kaporit secara berlebihan ke dalam kolam karena dapat menimbulkan bau yang dominan dan bahkan menyebabkan iritasi kulit.

  • Gunakan Penyedot Debu Kolam Renang

Kolam renang yang jernih bukan berarti bebas dari debu atau kotoran; debu atau kotoran tersebut mungkin mengendap di dasar kolam. Salah satu cara untuk membersihkannya adalah dengan penyedot debu. Dengan penyedot debu, Anda dapat membersihkan kotoran di bagian bawah kolam renang dengan lebih efisien.

  • Gunakan Baking Soda Sebagai Alternatif

Penggunaan baking soda untuk perawatan kolam renang dapat menjadi alternatif jika harga bahan kimia terlalu mahal. Soda kue mengandung natrium bikarbonat yang membantu mengontrol alkalinitas air kolam.

  • Servis Secara Rutin

Servis kolam renang secara rutin merupakan hal penting, meskipun Anda merasa tidak ada kerusakan. Servis sebaiknya dilakukan tidak hanya saat ada kerusakan, tetapi juga untuk menjaga kualitas air dan peralatan penunjang fungsi kolam renang, seperti pompa dan filter.

  • Air Kolam Renang Dikasih Apa?

Penambahan kaporit ke dalam air kolam renang bertujuan untuk membasmi bakteri patogen serta menjaga kejernihan air.

  • Berapa Lama Air Kolam Renang Harus Diganti?

Penggantian air setiap 2-3 tahun atau lebih sering disarankan untuk mencegah penumpukan bahan kimia yang sulit dikendalikan dan menjaga kebersihan air.

  • Garam Kolam Renang Untuk Apa?

Garam kolam renang pada dasarnya mirip dengan garam meja, tetapi memiliki butiran yang lebih kasar dan kristal yang lebih besar. Garam ini cocok digunakan dalam sistem pembangkit klorin dan bromin.


Setelah mengetahui kiat-kiat membersihkan kolam renang, jangan sampai tidak dilakukan. Memberikan kolam renang akan membuat Anda lebih nyaman saat menggunakannya. Oleh karena itu kolam renang harus dirawat secara rutin supaya air kolam tetap jernih dan bersih.

Jika Anda sedang mencari hunian yang aman dan sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa percayakan ke Ray White Menteng.
Silahkan kunjungi website Ray White Menteng di
https://menteng.raywhite.co.id/ untuk informasi lebih lanjut Anda bisa hubungi Ray White Menteng di (62-21) 31909333 atau menteng@raywhite.co.id
. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!


“Ray White Menteng, Your Best Property Agency Since 1998"


Share
Search
Tag