logo-raywhite-offcanvas

01 Jan 0001

Sepele Tapi Sering Dilupakan, 5 Hal Simpel yang Bikin Rumah Makin Sehat

Sepele Tapi Sering Dilupakan, 5 Hal Simpel yang Bikin Rumah Makin Sehat

Membersihkan rumah merupakan tugas yang mungkin terasa melelahkan, namun, ada banyak alasan mengapa aktivitas ini sangat penting untuk kesejahteraan Anda dan keluarga. Rumah yang kotor dan berdebu menjadi tempat ideal bagi kuman, bakteri, dan tungau untuk berkembang biak. Dengan membersihkan rumah secara teratur, Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit dan infeksi yang disebabkan oleh kuman berbahaya.


Membersihkan rumah secara teratur dapat membantu mengurangi polusi udara dalam ruangan yang disebabkan oleh debu, serbuk, dan bahan kimia beracun. Debu, bulu hewan peliharaan, dan tungau adalah pemicu umum bagi penderita alergi. Dengan membersihkan rumah secara teratur, Anda dapat mengurangi jumlah alergen di lingkungan Anda dan membantu mengurangi gejala alergi seperti pilek, mata berair, dan batuk.


Membersihkan rumah adalah tugas yang penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan tempat tinggal. Namun, seringkali kita menemui orang yang enggan atau malas untuk melakukan kegiatan tersebut. Kesibukan menjadi faktor utama kenapa seseorang seringkali melupakan kewajiban untuk membersihkan rumah. Hidup yang sibuk dengan pekerjaan, tanggung jawab keluarga, dan kegiatan lainnya membuat waktu dan energi terbatas untuk membersihkan rumah dengan baik.


Tapi tahukah Anda bahwa rumah bersih dan sehat dapat diwujudkan dengan langkah yang simpel? Simak penjelasan di bawah ini yuk!

  1. Perhatikan Floor Drain di Kamar Mandi

Jangan biarkan ada kotoran seperti rambut rontok yang menumpuk di saluran pembuangan air kamar mandi Anda. Kotoran yang menumpuk pada floor drain dapat menyebabkan tersumbatnya saluran air. Jika dibiarkan akan meningkatkan risiko terpeleset atau tergelincir. Kotoran yang membusuk di floor drain dapat menghasilkan bau yang tidak sedap. Kotoran yang membusuk di floor drain merupakan tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri, jamur, dan mikroorganisme lainnya. Jadi, periksa drain floor di rumah Anda dan jika ada kotoran yang menumpuk, segera bersihkan.

  1. Membiarkan Kotoran di Sudut Pintu

Beberapa orang mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan rumah. Biasanya ketika menyapu mereka akan membiarkan kotoran di sudut pintu karena jumlahnya yang tidak terlalu banyak. Nah, kebiasaan ini akan membuat sampah yang terkumpul bisa menyebar ke segala arah akibat pintu yang dibuka tutup. Sampah yang menumpuk di sudut pintu dapat membuat tampilan rumah menjadi tidak menarik. Hal ini bisa memberi kesan buruk kepada tamu dan tetangga yang berkunjung ke rumah.

  1. Membiarkan Cipratan Minyak di Dapur

Aktivitas memasak akan sangat sering memerlukan minyak sebagai salah satu bahannya. Tak heran setelah memasak akan banyak cipratan minyak di meja dapur bahkan lantai. Selain meningkatkan risiko terpeleset, hal ini juga mendatangkan banyak dampak negatif lainnya. Minyak dapat merusak berbagai jenis permukaan, seperti dinding, lantai, atau perabotan dapur. Lama kelamaan, minyak yang menempel dapat menyebabkan noda yang sulit dihilangkan dan bahkan korosi pada permukaan tersebut. Semakin lama cipratan minyak dibiarkan, semakin sulit membersihkannya. Minyak bisa menempel pada permukaan dan membutuhkan waktu dan usaha ekstra untuk menghilangkannya. Oleh karena itu, membersihkan segera setelah terjadi tumpahan akan menghemat waktu dan tenaga Anda.

  1. Tidak Menyapu Kolong 

Sebagian orang mungkin saja hanya membersihkan lantai atau bagian rumah yang terlihat. Tidak membersihkan kolong adalah salah satu hal fatal. Kolong rumah cenderung menjadi tempat penumpukan debu, kotoran, dan serpihan yang sulit dijangkau dan sering diabaikan. Kolong rumah yang kotor dapat menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri, jamur, dan mikroorganisme lainnya yang dapat menyebabkan penyakit. Dengan menyapu kolong secara teratur, Anda dapat mencegah penumpukan kotoran yang dapat menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri, tungau, dan serangga lainnya.

  1. Terlalu Banyak Barang Menumpuk

Menyimpan barang yang sebenarnya tidak terpakai dapat menyebabkan beberapa masalah yang tidak diinginkan. Barang yang tidak terpakai cenderung menumpuk dan menciptakan kekacauan di rumah. Kekacauan ini tidak hanya menciptakan suasana yang tidak nyaman, tetapi juga membuat ruang terasa lebih sempit dan sulit untuk bergerak. Menyimpan barang yang tidak terpakai dapat menyulitkan pencarian barang yang benar-benar diperlukan. Ketika Anda memerlukan sesuatu, Anda mungkin harus menghabiskan waktu untuk mencari di antara barang-barang yang tidak terpakai.


Nah, itulah beberapa hal simpel yang bisa diatasi untuk membuat rumah Anda semakin nyaman dan sehat. Temukan informasi menarik lainnya seputar properti hanya di Ray White Menteng. 


Ray White Menteng sebagai salah satu kantor cabang agen properti yang beroperasi di kawasan Menteng menawarkan layanan pemasaran, penilaian properti, konsultasi investasi properti, serta bantuan dalam proses jual-beli atau sewa properti. Hubungi Ray White Menteng di (62-21) 31909333 atau menteng@raywhite.co.id. 

“Ray White Menteng, Your Best Property Agency Since 1998"

Share
Search
Tag