logo-raywhite-offcanvas

25 Jan 2024

Eksplorasi Kelebihan Rumah Split Level untuk Gaya Hidup Dinamis

Eksplorasi Kelebihan Rumah Split Level untuk Gaya Hidup Dinamis

Rumah split level adalah konsep hunian yang memisahkan bangunan rumah ke dalam beberapa lantai berbeda tetapi terhubung dengan adanya tangga pendek yang biasanya berbentuk zig-zag. Dengan ini, rumah split level didesain dengan perbedaan ketinggian lantai yang membagi ruangan di dalamnya. Lahan yang sempit dan terbatas membuat banyak orang terhambat untuk membangun rumah impian. Pada dasarnya, membangun rumah pasti harus menyesuaikan dengan lahan yang tersedia. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi arsitektur dan kontraktor untuk mengatasi permasalahan dengan membangun rumah layak huni di lahan terbatas. 


Melansir dari laman resmi 99.co di  https://www.99.co/id/ konsep rumah split level pertama kali diperkenalkan oleh Frank Lloyd Wright pada awal abad ke-20an dengan tujuan untuk menyediakan hunian yang terjangkau bagi masyarakat Amerika. Hingga saat ini rumah split level masih mencuri perhatian banyak orang, terutama yang tinggal di daerah perkotaan. Rumah split level juga mempertahankan konsep ruangan open space yang tidak membutuhkan banyak sekat atau partisi sebagai pembatasnya sehingga sirkulasi udara dan pencahayaan akan lebih maksimal.


Karakteristik rumah split level memiliki lantai yang terkesan menggantung dengan ketinggian yang lebih rendah dibandingkan rumah dua lantai atau rumah tingkat pada umumnya. Simpelnya, rumah split level adalah rumah yang memiliki tingkat ketinggian berbeda di setiap ruangannya yang terhubung dengan tangga, umumnya rumah split level terdiri dari tiga hingga empat tingkatan.


Nah, tingkatan itulah yang kemudian dikenal dengan istilah split level dalam dunia arsitektur. Hal ini membuat rumah mempunyai banyak area yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan oleh para penghuni. Menarik bukan? Mari kita pelajari lebih dalam tentang keunggulannya!


  1. Fleksibilitas Penggunaan Ruang
    Anda dapat menyulap lahan mungil menjadi rumah yang desainnya tampak luas dan lega. Dengan langit-langit yang tinggi Anda bisa membagi rumah ke beberapa ruangan terpisah pada tingkatan yang berbeda.

    Pemisahan antar ruang satu dengan lainnya akan memudahkan fungsi dari setiap ruang itu sendiri. Minimnya sekat atau partisi juga membuat Anda lebih efisien dan fleksibel menata ruang. Selain itu, tingkatan yang terpisah dapat dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Satu ruangan bisa jadi banyak fungsi,
    keren ya?
  2. Menciptakan Kesan Lebih Dekat dan Terbuka
    Rumah split level memberikan kesan luas dan terbuka yang memungkinkan interaksi antar anggota keluarga semakin intens. Ruang keluarga, dapur, dan ruang makan seringkali terhubung dengan baik dapat mempermudah Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  3. Sirkulasi Cahaya dan Udara yang Baik
    Desain rumah split level sering memanfaatkan pencahayaan alami dengan baik. Jendela-jendela besar dan pintu kaca memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan dengan baik. Keterbukaan pada rumah konsep split level memungkinkan sirkulasi udara dan penyebaran cahaya yang merata. Dengan ini, kamu dapat menghemat biaya pengeluaran listrik untuk keperluan pendingin ruangan dan lampu.
  4. Konsep Tidak Monoton
    Rumah split level menonjol dengan desain arsitektur modern yang memukau. Penggunaan elemen-elemen modern, seperti kaca, beton, dan furniture lainnya yang mendukung estetika sesuai dengan selera gaya hidup dinamis.  Desain interior rumah split level memberikan kesempatan untuk kreativitas dalam penataan furnitur, pemilihan warna, dan penempatan elemen dekoratif. Setiap tingkat dapat memiliki karakteristik dan tema tersendiri.
  5. Solusi Bangunan untuk Lahan Tidak Rata
    Lahan yang tidak rata atau lahan berkontur adalah kondisi tanah yang memiliki kemiringan atau ketinggian berbeda yang umumnya ditemui di daerah dekat bukit atau pegunungan. Untuk membangun sebuah rumah diperlukan lahan yang rata untuk memastikan kekuatan konstruksinya. Akan tetapi, dengan rumah split level Anda bisa menyiasati kondisi tersebut. Untuk membangun rumah di area ini, tidak perlu melakukan meratakan tanah agar tinggi permukaannya sama, cukup menyesuaikan konstruksi level dengan kontur tanah yang ada.

Dengan mengoptimalkan penggunaan lahan, rumah split level seringkali menjadi solusi efisien untuk lahan yang terbatas. Desain vertikalnya mengurangi jejak bangunan di tanah, memungkinkan ruang terbuka yang lebih luas. Rumah split level, dengan desain arsitektur yang dinamis dan fungsional, telah menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan kombinasi antara keseimbangan estetika dan kenyamanan. Inovatif dan modern, rumah split level memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya sesuai dengan gaya hidup yang dinamis dan aktif.

Fleksibilitas dalam desain, keterlibatan dengan lingkungan sekitar, dan estetika modern membuat rumah ini menjadi pilihan menarik bagi mereka yang menghargai keseimbangan antara fungsi, keindahan, dan kenyamanan. Dengan eksplorasi kelebihan ini, rumah split level menjadi lebih dari sekadar tempat tinggal; ia menjadi panggung bagi gaya hidup yang dinamis dan berkembang.

Saat ini sudah banyak sekali tipe rumah yang dapat menjadi inspirasi Anda dalam mencari hunian impian seperti berbagai macam properti yang disediakan oleh Ray White sebagai agen properti terpercaya yang sudah beroperasi selama puluhan tahun. Ray White Menteng yang merupakan salah satu bagian dari Ray White (Indonesia) menyediakan solusi terkait permasalahan properti Anda, seperti jual beli hingga sewa.

Jika Anda tertarik untuk punya rumah mewah di kawasan Menteng, hubungi kami di  (62-21) 31909333 atau  menteng@raywhite.co.id. Pelajari lebih banyak informasi properti hanya di https://menteng.raywhite.co.id/.

Wujudkan properti impianmu tahun ini bersama Ray White Menteng!

 “Ray White Menteng, Your Best Property Agency Since 1998”



Share
Search
Tag