logo-raywhite-offcanvas

22 Feb 2024

Pantes Susah Laku! Ternyata Ini Kesalahan Jual Rumah Online yang Sering Dilakukan

Pantes Susah Laku! Ternyata Ini Kesalahan Jual Rumah Online yang Sering Dilakukan

Saat ini bisnis properti mengalami peningkatan pesat setiap tahunnya, salah satunya adalah jual beli rumah. Kesulitan keuangan bisa menjadi alasan utama seseorang untuk menjual rumah. Dengan ini, mereka berharap kondisi finansial akan membaik dan mendapatkan keuntungan yang sepadan.

Biaya perawatan dan pemeliharaan rumah dapat menjadi beban finansial. Beberapa orang memilih untuk menjual rumah karena mereka tidak dapat atau tidak ingin menanggung beban lagi.

Menjual rumah bukan hanya tentang meletakkan properti di pasaran dan menunggu pembeli. Dalam pasar yang kompetitif diperlukan strategi yang cermat untuk memastikan rumah Anda laku terjual dengan cepat dan pada harga yang menguntungkan.

Penjualan rumah secara online telah menjadi pilihan yang populer bagi banyak penjual properti karena memberikan akses yang lebih luas kepada calon pembeli. Namun, seperti halnya dengan setiap proses penjualan, ada beberapa kesalahan penjualan rumah secara online yang membuat rumah jadi sulit terjual.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam penjualan rumah secara online:

  • Kurangnya Persiapan yang Memadai

Kesalahan yang sering dilakukan adalah kurangnya persiapan yang memadai sebelum memasarkan rumah secara online. Persiapan yang kurang bisa mencakup kurangnya perbaikan atau renovasi sebelum penjualan, kurangnya pembersihan, atau kurangnya penataan ruang yang baik untuk sesi foto.

  • Foto atau Video Buruk

Foto-foto yang buruk dapat menjadi kendala besar dalam penjualan rumah online. Gambar yang buruk atau buram dapat membuat rumah terlihat kurang menarik dan mengurangi minat calon pembeli. Penting untuk menggunakan fotografer profesional atau mengambil gambar yang berkualitas tinggi dengan pencahayaan yang baik. Untuk menarik banyak orang pastikan foto atau video yang akan di-upload jelas dan tidak buram, jangan gunakan watermark atau elemen yang mengganggu, serta jangan ada objek di yang mengganggu sehingga keseluruhan isi rumah tidak terlihat jelas.

  • Kondisi Rumah Berantakan atau Kotor

Siapa yang tertarik dengan rumah kotor? Melihatnya saja membuat banyak orang tidak nyaman, apalagi mempertimbangkan untuk membeli. Jadi, pastikan rumah Anda selalu dalam keadaan bersih untuk mempersiapkan calon pembeli yang akan melakukan survei lokasi. Jangan sampai ada debu atau sampah menumpuk di area rumah Anda karena dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika memang rumah yang dijual sudah tidak ditempati, Anda bisa menyewa jasa home cleaning service secara rutin untuk memastikan keindahan dan kebersihan rumah.

  • Deskripsi yang Kurang Menarik

Deskripsi yang kurang menarik atau kurang informatif juga dapat menjadi kesalahan dalam penjualan rumah online. Deskripsi yang baik harus memberikan informasi yang jelas tentang spesifikasi dan fitur-fitur rumah, luas tanah dan bangunan, keadaan properti, harga, keunggulan, serta detail kontak yang bisa dihubungi.

  • Harga yang Tidak Realistis

Menetapkan harga yang tidak realistis dapat menghambat proses penjualan. Harga yang terlalu tinggi bisa membuat rumah sulit terjual, sementara harga yang terlalu rendah bisa merugikan penjual. Penting untuk melakukan penelitian pasar yang cermat dan berkonsultasi dengan agen properti atau penilai untuk menentukan harga yang tepat.

  • Kurang Promosi dan Tidak Memanfaatkan Sosial Media

Kurangnya promosi yang efektif juga bisa menjadi kendala dalam penjualan rumah online. Hanya memasang iklan di satu platform atau situs web saja mungkin tidak cukup untuk menjangkau calon pembeli yang potensial. Penting untuk memanfaatkan berbagai platform dan saluran pemasaran online untuk meningkatkan visibilitas properti Anda. Percayakah dengan the power of social media? Hampir semua orang memiliki setidaknya satu sosial media untuk berinteraksi.

Dengan kemudahan akses dan pertukaran informasi yang cepat membuat sosial media dimanfaatkan untuk media pemasaran yang dapat menjangkau banyak orang. Melalui fitur yang tersedia Anda dapat menampilkan informasi lengkap terkait rumah yang akan dijual. Agar lebih menarik buatlah konten dalam bentuk foto atau video yang mengikuti trend masa kini. Tonjolkan juga sesuatu yang menjadi keunggulan rumah, seperti terletak di lokasi strategis, dilengkapi dengan keamanan canggih, akses ke fasilitas layananan umum yang mudah, dan lain-lain.

  • Tidak Responsif terhadap Calon Pembeli

Selalu luangkan waktu bagi calon pembeli yang ingin bertanya atau melakukan survei secara langsung. Hal ini akan membuat Anda selangkah lebih dekat dengan calon pembeli. Menunda tanggapan atau tidak merespons pertanyaan calon pembeli dengan cepat dapat membuat mereka kehilangan minat dan beralih ke properti lain.

  • Tidak Menggunakan Agen Properti

Terakhir, tidak menggunakan layanan profesional seperti agen properti. Layanan profesional ini dapat membantu memandu Anda melalui proses penjualan, memberikan saran yang berharga, dan memastikan bahwa transaksi berjalan dengan lancar. Agen properti memahami kapan waktu yang tepat untuk menjual dan apa yang dicari oleh pembeli di pasar lokal. Agen properti merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang awam atau memiliki keterbatasan waktu dalam menjual rumah.

Dengan wawasan yang luas, Ray White akan membantu Anda memberikan saran profesional terkait penentuan harga jual yang tepat.  Ray White Menteng sebagai agen properti terbaik, hadir untuk membantu Anda menemukan rumah impian Anda di kawasan Menteng dan sekitarnya. Anda juga bisa memanfaatkan situs jual beli rumah untuk mengetahui kisaran harga terkini dalam website resmi Ray White Menteng di https://menteng.raywhite.co.id/. Anda dapat menggunakan fitur pencarian yang dapat difilter sesuai dengan kebutuhan Anda.

Penjualan rumah secara online bisa menjadi proses yang rumit, tetapi dengan menghindari kesalahan-kesalahan umum di atas, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan dalam penjualan properti Anda. Penting untuk melakukan persiapan yang memadai, menggunakan layanan profesional, dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan properti Anda terlihat dan terjual dengan baik secara online.

Ray White Menteng sebagai salah satu kantor cabang agen properti yang beroperasi di kawasan Menteng menawarkan layanan pemasaran, penilaian properti, konsultasi investasi properti, serta bantuan dalam proses jual-beli atau sewa properti. Hubungi Ray White Menteng di (62-21) 31909333 atau menteng@raywhite.co.id.

“Ray White Menteng, Your Best Property Agency Since 1998”

 

Share
Search
Tag