logo-raywhite-offcanvas

30 Jan 2024

Lezatnya Street Food Stasiun Gondangdia, Gak Kalah Dari Menu di Restoran!

Lezatnya Street Food Stasiun Gondangdia, Gak Kalah Dari Menu di Restoran!

Stasiun Gondangdia adalah salah satu stasiun kereta api yang terletak di wilayah Jakarta Pusat, Indonesia. Meskipun bukan stasiun besar seperti Stasiun Gambir atau Stasiun Jakarta Kota, namun Stasiun Gondangdia selalu terlihat menarik di mata masyarakat. Apalagi kalau bukan tentang pilihan street food yang mengelilinginya.

Stasiun Gondangdia dibangun pada tahun 1873 oleh perusahaan kereta api Hindia Belanda, Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Awalnya, stasiun ini dibangun sebagai bagian dari jalur kereta api yang menghubungkan Batavia (sekarang Jakarta) dengan Bogor. Nama "Gondangdia" sendiri diyakini berasal dari sebuah padepokan gamelan yang terletak di daerah tersebut pada zaman kolonial.

Selama masa penjajahan Belanda, stasiun ini menjadi salah satu stasiun penting di Jakarta dan menjadi akses utama bagi warga Eropa yang tinggal di kawasan Menteng. Setelah kemerdekaan Indonesia, Stasiun Gondangdia tetap beroperasi sebagai bagian dari jaringan kereta api nasional di bawah pengelolaan Perusahaan Jawatan Kereta Api Negara (PNKA) yang kemudian menjadi PT Kereta Api Indonesia (KAI)
.

Stasiun Gondangdia tidak hanya dikenal sebagai titik penting bagi perjalanan kereta api di Jakarta, tetapi juga menjadi surga bagi para pecinta kuliner street food. Dengan beragam makanan lezat yang ditawarkan di sekitar stasiun, Anda dapat menikmati pengalaman kuliner yang unik dan memuaskan sebelum atau sesudah melakukan perjalanan. Berjalan-jalan di sekitar Stasiun Gondangdia akan membawa Anda menemukan beragam penjual makanan jalanan yang menawarkan berbagai hidangan yang menggugah selera.

Ayo simak apa saja makanan favorit warga Jakarta di sepanjang stasiun Gondangdia?

  • Mie Nyemek
    Salah satu tempat yang selalu ramai pengunjung adalah Mie Nyemek Gondangdia. Dengan harga Rp15 ribu, Anda sudah bisa menikmati kelezatan mie instan lengkap dengan pilihan topping yang beragam seperti telur, sayuran, sosis, kornet, keju, dan juga bakso. Perpaduan rasa pedas, manis, kuah kental dan tekstur mie yang kenyal membuat makanan ini memiliki cita rasa yang unik dan pas di lidah.

    Jika ada waktu, jangan sungkan untuk mampir ke Mie Nyemek Gondangdia. Lokasinya sangat persis di samping stasiun, Anda hanya perlu berjalan kaki sebentar untuk sampai di sini.

  • Pancong Lumer
    Sudah pernah coba street food kekinian yang menjadi banyak favorit anak muda ini? Buat Anda pecinta makanan manis yang murah meriah, silakan coba kenikmatan pancing ini. Dengan harga mulai dari Rp5.000an saja, Anda sudah bisa mendapatkan seporsi kue pancong lumer. Anda bisa memilih topping sesuai selera seperti susu, meses, kacang, green tea, oreo, keju, nanas, stroberi, tiramisu, cappuccino, dan lain-lain.

  • Dimsum
    Dimsum adalah hidangan tradisional dari masakan Tiongkok yang terkenal di seluruh dunia. Kata "dimsum" sendiri berasal dari bahasa Kantonis yang artinya "makanan kecil yang membuat hati senang". Dimsum di stasiun Gondangdia ini menawarkan berbagai jenis dimsum yang lezat dengan harga Rp15 ribu untuk lima buah dimsum.

  • Gudeg Jogja Bu Tinah
    Untuk warga Jakarta, khususnya di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat kini tidak perlu mencari tempat makan yang jauh untuk menikmati satu porsi Gudeg Jogja. Salah satu makanan legendaris di ini kabarnya juga jadi langganan para pejabat Indonesia, lho. Anda dapat menikmati kelezatan gudeg ditemani dengan krecek, tempe tahu bacem, telur ayam, dan ati ampela hanya dengan harga sekitar Rp30 ribuan saja.

  • Bakso Singo
    Pecinta bakso ayo merapat! Bakso Singo ini juga menjadi andalan makan siang karyawan yang ada di sekitar kawasan Gondangdia dan Kebon Sirih. Jangan kaget ya kalau Anda tidak kebagian tempat duduk saat mengunjungi tempat ini di waktu sitirahat dan pukang kerja. Kuah kaldu yang gurih dengan bakso daging yang kenyal merupakan perpaduan yang khas. Satu porsi berisi bakso sapi, tahu, siomay, pangsit goreng, dan bihun dengan harga Rp15 ribu. Kurang lengkap rasanya kalau menyantap bakso ini tanpa kehadiran lontongnya.

  • Mie Ayam Vera
    Dimana ada bakso pasti ada mie ayam. Anda bisa menikmati kelezatan mie ayam dengan harga Rp15 ribu per porsi. Selain itu Anda juga bisa menambahkan topping lain yang menambah kelezatan Mie Ayam, ada ceker, bakso, dan pangsit goreng. Jika Anda ingin mencoba menu lainnya, tempat ini juga menyediakan mie kwetiau, mie yamin, dan pangsit rebus.

  • Thaiyo
    Minuman yang penyajiannya unik dengan menggunakan plastik kiloan dan paper bag. Selain rasanya yang enak, harganya juga terjangkau hanya Rp10 ribu dengan  berbagai pilihan rasa, seperti green tea, green tea coffee, thai tea, thai tea milo, milo coffee, dan lain-lain.

  • Cilor dan Telur Gulung
    Tidak afdol rasanya jika kita membahas street food tanpa menyertakan dua makanan favorit sejuta umat itu. Cilor adalah jajanan yang terbuat dari tepung tapioka (aci) yang diolah dan kemudian digoreng dengan tambahan telur yang membuatnya semakin nikmat. Harganya mulai dari Rp5 ribu dengan tambahan bumbu pedas manis dan pedas asin sesuai selera Anda

Itu dia rekomendasi street food di Stasiun Gondangdia, Jakarta Pusat. Untuk Anda yang ingin berkunjung, kumpulan street food ini berada di sisi barat Stasiun Gondangdia yang hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki saja. Dengan beragam pilihan kuliner jalanan yang lezat dan menggugah selera, Stasiun Gondangdia menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati pengalaman kuliner street food yang memuaskan.

Dengan harga yang terjangkau dan rasa yang enak, kuliner ini akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih berkesan dan menyenangkan. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi ragam kuliner jalanan yang ditawarkan di sekitar Stasiun Gondangdia pada kunjungan Anda berikutnya.


Stasiun Gondangdia memiliki peran strategis dalam jaringan transportasi publik di kota Jakarta. Stasiun ini mudah diakses dari berbagai wilayah di sekitarnya melalui jalan raya dan jalur transportasi publik lainnya. Keberadaan stasiun ini memudahkan penduduk Jakarta untuk melakukan perjalanan ke berbagai destinasi di dalam kota maupun ke kota-kota lain di Indonesia.

Stasiun Gondangdia terletak di dekat dengan pusat bisnis dan pusat pendidikan di Jakarta. Lokasinya yang strategis membuat stasiun ini menjadi pilihan transportasi yang nyaman bagi para pekerja dan pelajar yang ingin mencapai kantor atau sekolah mereka dengan cepat dan mudah. Stasiun ini menjadi titik transit penting bagi penumpang yang ingin beralih dari moda transportasi kereta api ke angkutan umum lainnya, seperti bus, mikrolet, ojek, atau taksi.

Jika Anda tertarik untuk membuka usaha atau memiliki hunian di kawasan Gondangdia, Ray White Menteng sebagai agen properti terbaik, hadir untuk membantu Anda menemukan rumah impian Anda di kawasan Menteng dan sekitarnya. Wujudkan properti impianmu tahun ini bersama Ray White Menteng.

“Ray White Menteng, Your Best Property Agency Since 1998”

Share
Search
Tag